1. Apa
yang dimaksud dengan pasar monopoli dan monopolistis ?
2. Apa
yang membedakan pasar monopoli dan monopolistis ? jelaskan dan berikan contoh ?
3. Jelaskan
bagaimana cara memperoleh keuntungan di pasar monopoli ?
4. Jelaskan
kebaikan dan kekurangan dari pasar monopoli ?
5. Apa
yang dimaksud dengan pasar oligopoly ?
Jawaban :
1. Pasar monopoli adalah suatu
bentuk pasar dimana hanya terdapat satu penjual
yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau
sering disebut sebagai "monopolis"
Pasar Monopolistik adalah salah
satu bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen
yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek.
Penjual pada pasar monopolistik tidak terbatas, namun setiap produk yang
dihasilkan pasti memiliki karakter tersendiri yang membedakannya dengan produk
lainnya
2. Yang membedakan pasar monopoli dan
monopolistis adalah pasar monopolistis mempunyai banyak penjual, penjual di
pasar mopolistis memiliki kemampuan untuk mempengaruhi harga, tapi pengaruhnya
tidak sebesar penjual dari pasar monopoli, sedangkan pasar monopoli hanya mempunya
satu penjual sehingga penjual itu memiliki pengaruh yang sangat besar dalam
pasar monopoli.
3. Keuntungan pasar monopoli
yaitu keuntungan penjual cukup tinggi untuk produk yang menguasai hajat hidup
orang, biasanya diatur pemerintah. Ini menguntungkan konsumen karena penjual
tidak dapat menentukan harga dengan semaunya
4. Kebaikan pasar monopoli yaitu penjualannya
cukup tinggi, tidak dapat menentukan harga semaunya dan Kelemahan pasar
monopoli yaitu pembeli tidak ada pilihan lain untuk membeli barang keuntungan
hanya terpusat pada satu perusahaan terjadi eksploitasi pembeli.
5. Pasar oligopoli adalah pasar
di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya
jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh. Dalam pasar
oligopoli, setiap perusahaan memposisikan dirinya sebagai bagian yang terikat
dengan permainan pasar, di mana keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari
tindak-tanduk pesaing mereka. Sehingga semua usaha promosi, iklan, pengenalan produk
baru, perubahan harga, dan sebagainya dilakukan dengan tujuan untuk menjauhkan
konsumen dari pesaing mereka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar